Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Sekilas Mengenai E.S Ito

E.S. ITO lahir pada seribu sembilan ratus delapan puluh satu. Ibunya adalah seorang petani, bapaknya adalah seorang pedagang. Begitulah ES ito memperkenalkan dirinya di halaman "tentang penulis" pada bukunya, seperti yang bisa kita dapati pada bukunya yang berjudul Rahasia Meede.

E.S. Ito merupakan gabungan dari singkatan nama asli pengarang dan nama panggilannya. E.S. atau Eddri Sumitra, atau nama lain yang bisa kita temui di milis adalah Edori. Sedang Ito, itu panggilan kecilnya di rumah. Eddri Sumitra putra Minang tulen, kelahiran Magek, Kabupaten Agam yang tak begitu jauh dari Kota Bukittinggi.
Eddri mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara di Magelang, sekolah plus yang dikenal dengan karakter pendidikan ketentaraan. Dia angkatan TN ke-7. Menurut teman-temannya, "anaknya biasa aja. Gak terlalu menarik perhatian. Anaknya sedang-sedang saja." Minatnya pada sejarah sudah tampak semasa SMA. Lulus dari SMA Taruna Nusantara, Eddri tidak berminat untuk meneruskan studinya di AKABRI sebagaimana layaknya siswa-siswa taruna lainnya. Alasannya, “Saya tipikal pembangkang. Tak mau nanti asal nembak orang!” Itu sebabnya, Eddri kuliah di FE UI angkatan '99 sebelum akhirnya fokus menjadi penulis. Eddri pernah tercatat sebagai Eddri Sumitra Koordinator Bidang I BEM UI/ Wakil Mahasiswa untuk Tim Evaluasi Pendanaan dan Alternatif Pendanaan UI (2003).

Novel pertamanya Negara Kelima terbit tahun 2005. Dua tahun kemudian dia menulis novel keduanya yang cukup direspon baik oleh pasar yakni Rahasia Meede.

Artikel Terkait: Sekilas Mengenai E.S Ito

Description: Sekilas Mengenai E.S Ito Rating: 5.0 Reviewer: Admin ItemReviewed: Sekilas Mengenai E.S Ito
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }